cars

Karya Tulis Ilmiah




KARYA TULIS ILMIAH
Di susun Oleh Muhammad Rizal
email : rizalkillua@ymail.com
@muhrizal24

  1. Latar Belakang

Perang Dunia I merupakan balas dendam Perancis kepada Jerman karena dipermalukan dalam kekalahannya ketika kalah perang tahun 1870-1871. selain itu dalam masalah industri, Jerman juga bersaing dengan inggris. Dengan persaingan-persaingan itu maka terbentuklah persekutuan militer (aliansi). Ada dua persekutuan, yaitu Triple Alliantie yang kemudian dikenal dengan “Blok Sentral”yang terdiri atas Jerman, Austria, Dan Italia. Sedangkan Triple Entente yang kemudian disebut “blok Sekutu” yang terdiri atas Perancis, Rusia, dan lain-lain.
           
            Pada tanggal 1 Agustus 1914 Jerman mengumumkan perang kepada Rusia dan disusul Perancis mengumumkan perang kepada Jerman tanggal 3 Agustus 1914. kemudian tanggal 4 Agustus Inggris mengumumkan perang kepada Jerman. Selanjutnya berkecamuklah perang yang hamper melibatkan seluruh dunia dikenal dengan Perang Dunia I.

            Perang ini berakhir dengan kekalahan Jerman yang menyerah pada tanggal 11 november 1918. sebagai pihak yang kalah, Jerman harus membayar ganti rugi kepada sekutu dengan dikuatkan dalam Perjanjian Varsailles pada tahun 1919. keklahan Jerman dengan telak ini memberi kesempatan pada Adolf Hitler membangkitkan bangsanya untuk melakukan balas dendam kepada Perancis. Adolf Hitler mengembangkan fasisme dan kemudian memulai Perang Dunia II dengan menyerbu Polandia pada tanggal di kota Danzig pada tanggal 1 september 1939.peristiwa itulah yang menjadi sebab langsung terjadinya Perang Dunia II.



















  1. Rumusan Masalah

    1.  
    2.  
    3.  
    4.  
    5.  
  1. Tujuan Penulisan Karya Ilmiah

Tujuannya agar kita mengetahui lebih luas akibat perang Dunia 1. Jadi semua siswa dapat mengerti, memahami, mencerna serta mengetahui apa saja akibat Perang Dunia I yang meliputi latar belakang dan rumusan masalah


  1. Hasil Tujuan Pustaka

Sebab umum :
1)      Perkembangan paham nasionalisme, yaitu paham ajaran untuk mencintai bangsa dan negaranya seperti :
a)      Pan slavisme pimpinan rusia
b)      Pan Serbia raya di bawah pimpinan Serbia
c)      Pan germania di bawah pimpinan jerman
d)     Italia irrendenta (Italia yang belum dibebaskan)
e)      Inggris dengan semboyan right or wrong my country, rest at home and prestige abroad, rules britania rules the waves(ingin menjadi penguasa samudra dunia).
f)       Perancis mengembangkan la grandeurisme, artinya perancis yang besar.
2)      Pertentangan antara Negara eropa dalam mereburkan daerah jajahan untuk kepentingan politik imperialismenya.
3)      Adanya revance idea (cita-cita membalas dendam). Misla : perancis terhadap jerman atas kekalahanya dalam perang (1870-1871).
4)      Adanya perlombaan senjata/memperkuat militer.
5)      Adanya persekutuan/politik mencari kawan, seperti :
Ø  Triple Alliance / Negara central (1882) : jerman, Austria-hongaria,Italia.
Ø  Triple Entente / Negara sekutu (1904) : inggris, perancis,rusia.

Sebab khusus :
Terbunuhnya putra mahkota austro hongaria (Austria) Frans Ferdinand dan istrinya di Sarajevo pada tanggal 28 juni 1914, oleh Gabriel princip seorang anggota serbia raya.








v  Awal perang dunia I

Pembunuhan putra mahkota Austria (frans Ferdinand) menjadikan kemarahan kaisar Austria Karl I. kemudian Austria menuntut Serbia agar menyerahkan pembunuh (g.princip), tetapi tidak dihiraukan Serbia yang mendapat dukungan Rusia, Austria menyatakan perang terhadap Serbia (28 juli 1914). Jerman menyatakan perang terhadap Rusia ( 1 Agustus), kemudian Perancis terhadap Jerman ( 3 Agustus), lalu inggris terhadap Jerman ( 4 Agustus) kemudian perang meluas ke dunia.


v  Negara-negara yang terlibat perang dunia I

Ø  Blok sentral : jerman, Austro-Hongaria, Turki, Bulgaria.
Ø  Blok sekutu : Inggris, Perancis, Serbia, Rusia, Jepang, Amerika, dan lain-lain (23 negara) dipihak menang.
Contoh : Italia yang tergabung dalam Negara sentral kemudian memihak sekutu karena menginginkan daerah yang dikuasai Austro-Hongaria ( tirol selatan ,istria, dan dalmatia).


v  Jalannya perang dunia I

Pada awalnya pihak yang memperoleh kemenangan adalah pihak sentral. Namaun setelah Amerika Serikat ikut terjun peperangan, keadaan menjadoi terbalik (pihak sekutu menjadi menang). Setelah pihak sentral mengalami kekalahan, maka diadakan perjanjian yang isinya memberatkan pihak sentral, antara lain :
a)      Perjanjian varsailes, sekutu dengan jerman (28 juni 1919)
b)      Perjanjian serves, sekutu dengan turki (20 Agustus 1920)
c)      Perjanjian st. germani, sekutu dengan Austria(10 November 1919)
d)     Perjanjain Meulily, sekutu dengan Bulgaria (27 November 1919)
e)      Perjanjian trianon, sekutu dengan Hongaria ( 4 juni 1920)











Share on Google Plus

About Unknown

0 comments:

Post a Comment